Andi Ayu Masyita Prihatin dengan Pelayanan BPJS di Pangkep

Jurnal8.com| Pangkep,- Sulitnya untuk mendapatkan akses kesehatan bagi warga yang tinggal disekitar pegunungan, keluhan mereka terkait lambatnya penengurusan administrasi serta lambatnya layanan di institusi kesehatan mulai dari puskesmas hingga rumah sakit membuat warga banyak yang mengeluh

Ditemui di salah satu kafe di kab Pangkep Sulawesi Selatan, Selasa (28/8) Andi Ayu Masyita, (22) salah satu praktisi bidang kesehatan angkat bicara soal pelayanan Layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang paling banyak dikeluhkan masyarakat, utamanya masyarakat di kecamatan Ma’rang, Segeri, dan Mandalle.
Keluhan warga kata Andi Ayu, di antaranya seperti dalam hal pengurusan mengenai birokrasinya, pendaftaran, hingga antrean, juga terkait pembayarannya.

“Ini yang harus menjadi perhatian semua pihak utamanya pemerintah. Yang terkendala misalnya saat warga disekitar pegunungan yang membutuhkan BPJS Kesehatan, selain jauh, warga sering mengalami kendala dalam pengurusan BPJS dimaksud.” Jelas Andi Ayu Masyita yang juga putri sulung Andi Muh Arsyad, HG.

Keluhan lain para warga, sambung Andi Ayu yakni adanya pelayanan BPJS yang dinilai warga sangat menyulitkan pesertanya yang akan berobat. Selain pelayanan administrasi yang berbelit belit, misalnya untuk mendapatkan rujukan ke dokter spesialis dan obat-obatan yang sesuai resep juga sulit terealisasi.

“Sehingga hal ini perlu dibantu segera dan sikapi dengan bijak, kasihan warga, mereka butuh penyembuhan total tapi terkendala dengan administrasi yang sulit” ujarnya.
Dia menceritakan, sulitnya mengurus administrasi hingga lambannya layanan di institusi kesehatan mulai dari puskesmas hingga rumah sakit membuat keluarga pasien kadang pontang-panting.

“Terkadang, untuk memeriksakan seorang anggota keluarganya, si warga harus menghabiskan waktu seharian penuh hanya sekedar mengurus administrasinya. Jadi hal ini sekali lagi harus mendapat perhatian serius dari semua pihak, agar warga bisa mendapat pelayanan BPJS Kesehatan dengan maksimal dan mudah, tentunya harus kita bantu dengan serius” tandasnya. (tim)

Leave a Reply