Pasar Lontra Hadir di Kawasan Benteng Somba Opu

Jurnal8.com| Buat kamu yang sedang berada di Kota Makassar dan sekitarnya namun bingung mau menghabiskan waktu luang pada hari Minggu, kamu harus Pasar Lontara.

Pasar Lontara adalah pasar Destinasi Digital (DD), maksudnya Destinasi wisata yang instagramable, viral dan kekinian, bahasa anak mudanya “Zaman Now”.

Nama Lontara diambil dari aksara atau huruf yang digunakan masyarakat sulawesi selatan pada jaman dulu. Pasar Lontara juga berlokasi di Kawasan Benteng Somba Opu yang memiliki banyak peninggalan sejarah dari Kesultanan Gowa.

Pasar Lontara diresmikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan H. Musaffar Syah , Minggu (7/10/2018).

Turut hadir dalam pembukaan Pasar Lontara perwakilan dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Politeknik Pariwisata Makassar dan beberapa perwakilan dari berbagai komunitas yang ada di Kota Makassar.

Makanan tradisional Makassar

Musaffar Syah dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang dilakukan GenPI dalam usaha mewujudkan berdirinya Destasi Digital pertama di Sulawesi selatan. Diharapkan destinasi ini dapat berdampak pada peningkatan kunjungan wisatawan dan ekonomi masyarakat serta dapat kembali menghidupkan kawasan Benteng Somba Opu.

Sementara Itu Aan Arif, Ketua Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Provinsi Sulawesi Selatan dalam laporannya menyampaikan bahwa salah satu yang menarik adalah dalam transaksi belanja, yaitu mempergunakan koin yang terbuat dari kayu bernama Jinggara. Pengunjung yang baru datang langsung menuju kasir untuk melakukan penukaran koin. Nilai 1 koin adalah Rp. 5000,-.

Disamping makanan spesifik, di Pasar Lontara, juga terdapat kesenian tradisional seperti tarian dan sinrilik, permainan anak tradisional jungkat-jungkit, panahan, spot-spot selfie dan kegiatan lainnya.

Andi Eva, Selaku Kepala Pasar Lontara dalam laporannya mengatakan, Pasar Lontara yang diadakan setiap hari Minggu, mulai pukul 08.00 sampai dengan 15.00. Untuk tahap awal pasar lontara akan menghadirkan 10 booth makanan dan 3 booth kerjanan tangan.

“Makanan yang dijual pada pasar Lontara di antaranya, adalah bassang, sop saudara, es poteng, pisang peppe, pis ijo dan aneka kuliner lainnya” jelasnya.

Sumber:Andi Muhammad Yusuf Randy

Leave a Reply