Semarak Pawai Taaruf Turut Memeriahkan Pembukaan MTQ ke-13 Desa Kombo

Jurnal8.com| Pembukaan Musabaqah Tilawatil Al Qur’an (MTQ) ke 13 tingkat Desa Kombo, dengan tema “Melalui MTQ ke 13 Desa Kombo, Kita Wujudkan Generasi Yang Berakhlakul Karimah Menuju Desa Kombo Yang Ramah dan Religius” berlangsung meriah dengan hadirnya masyarakat yang memadati Aula Paruga To’i, Desa Kombo, Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima pada, Selasa (09/10/2018) malam, kemarin.

Sore, sebelum acara pembukaan dimulai, dari 15 RT yang ada di Desa Kombo, masing-masing mengirim delegasinya untuk sama-sama memeriahkan acara lewat kegiatan Pawai Taaruf.
Kegiatan pawai yang dijadwalkan dimulai bakda asar (Selasa) ini merangkum dan melibatkan semua elemen masyarakat, mulai dari tingkat anak-anak, remaja, dewasa, dan orang tua dari tiap-tiap RT yang berbeda. Dengan lokasi star dimulai dari perbatasan paling barat desa, hingga finish di depan Aula Paruga To’i Kombo (lokasi kegiatan MTQ)

Pada malam pembukaan, persembahan Kasidah rebana, marawis dan tarian Kun Anta turut memeriahkan jalannya acara yang dihadiri oleh jajaran muspika kecamatan Wawo, Kepala KUA, Ketua LPTQ Kecamatan Wawo, beserta Kepala-Kepala Sekolah dan seluruh jajaran perangkat desa Kombo.

Ketua LPTQ Kecamatan Wawo, H. Anwar M. Tayeb, dalam sambutannya mengatakan;
Alquran adalah dzikir yang paling besar. Bila sering pusing-pusing dan sakit-sakitan, bacalah alquran.
“Mari kita sedikit demi sedikit, setiap harinya untuk belajar alquran.
Karena sesungguhnya, alquran itu adalah petunjuk menuju jalan yang benar,”
Selain itu, Anwar juga mengajak seluruh dewan hakam dan dewan juri untuk senantiasa meluruskan hati agar bisa menilai secara teliti dan sesuai kaidah-kaidah hukum bacaan.

“Jangan hanya menilai dari suara saja, tetapi baik hukum tajwid, qolqolah, dan mad-madnya harus benar dan jelas, agar kelak, mereka berlanjut ketingkat yang lebih tinggi lagi. Bisa mewakili kecamatan, kabupaten, Nasional, dan seterusnya.” Paparnya.

Hal serupa pula disampaikan oleh Camat Wawo. Dalam sambutanya, Ridwan, berharap agar beberapa lomba yang dilombakan nanti bisa dinilai secara objektif dan penuh sportifitas.

“Dewan juri dan dewan hakam harus sportif dalam memberikan nilai. Agar para peserta bisa didukung untuk lanjut di tingkat kecamatan. Dan semoga MTQ ke 13 di Desa Kombo ini, bisa membawa hasil yang maksimal dan tidak ada hambatan.” Katanya.

Dilain sisi, Sekretaris Desa Kombo, Suhardin, berharap, mudah-mudahan melalui kegiatan MTQ ini bisa melahirkan qori- qoriah terbaik yang akan mengharumkan nama Desa kombo di MTQ tingkat lanjut.
“Semoga generasi muda bisa memahami, menghayati serta mengamalkan isi yang terkandung dalam alquran sebagai pedoman hidup.” Tuturnya. (Irhna)

Leave a Reply