Inilah Wajah Baru Pelabuhan Pamatata Selayar Usai Diambil Alih Pemerintah Pusat

Jurnal8.com| Selayar, – Pelabuhan Pamatata sejak diambil alih oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Perhubungan RI telah mengalami perubahan cukup signifikan.

Yang sebelumnya kondisi pintu gerbang utama akses ke kepulauan Selayar ini dalam kondisi yang memprihatinkan. Sehingga Anggara yang dimiliki pemerintah daerah tidak mampu untuk melakukan revitalisasi terhadap pelabuhan ini.

Namun berkat dukungan dari Kementerian perhubungan melalui perpanjangan tangan BPTD Wilayah XIX Sulsel-Bar sudah dipoles lebih bagus.

Pelabuhan Pamatat yang terletak di desa Pamatata, Kecamatan Bontomatene, Kabupaten Kepulauan Selayar.

Pelabuhan ini merupakan pintu gerbang utama memasuki daratan Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, jika melalui jalur laut dengan fasilitas penyeberangan berupa kapal feri.

Rencananya, ketika revatalisasi pelabuhan pamatata selesai di tahun ini, akan banyak disinggahi kapal yang berlayar dari arah wilayah timur menuju wilayah barat Indonesia, demikian juga sebaliknya.

Sehingga kedepannya Kepulauan Selayar kembali masa kejayaannya dimana Kepulauan Selaya menjadi arus Timur-Barat Indonesia via laut, mengingatkan kita pada peta arus perdagangan kawasan kepulauan Nusantara beberapa abad yang lalu.

Saat itu, Pulau Selayar menjadi pusat transit kapal-kapal saudagar dari berbagai penjuru. Hal itu ditandai dengan banyaknya situs barang antik di dasar laut di sekitar Kepulauan Selayar. Dan secara logika posisi Kepulauan Selayar memang sangat strategis menghubungkan timur dan barat, demikian juga wilayah utara dan selatan.

Kondisi pelabuhan sementara diperbaiki

Hal ini diapresi baik sejumlah tokoh masyarakat dan aktivis di Selayar, salah satunya Muh. Malik, menilai langkah BPTD Wilayah XIX Sulsel-Bar dalam mengambil alih pengelolaan pelabuhan Pamatata sangat menguntungkan pemerintah daerah karena telah melakukan perbaikan – perbaikan di wilayah pelabuhan.

” Kami berterima kasih kepada BPTD Wilayah XIX Sulsel-Bar telah mengembalikan kondisi pelabuhan yang layak sehingga warga akan aman ketika akan menyebarang ke Selayar dan perbaikan ini insha allah akan mendatangkan banyak investor masuk ke kepulauan Selayar. ” terangnya

Leave a Reply