Sampah Menumpuk di Jalan Poros Batu-Batu, Warga Serta Pemerintah Terkesan “Cuek”

Jurnal8.com,gowa-Keberadaan sampah begitu mudah kita temukan di kabupaten Gowa, salah satunya tumpukan sampah sepanjang 30 meter lebih tepatnya di jalan Poros Batu-Batu, Dusun Bontokarapa Desa Tinggimae, Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa.

Hal ini tentunya menjadi tanggung jawab bersama serta perlu kesadaran warga agar senantiasa menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah disembarangan tempat, jangan hanya pemerintah yang disalahkan namun masyarakat juga harus punya kesadaran menimal beri teguran  ketika melihat ada warga yang membuang sampah bukan pada tempatnya.

Dan persoalan ini perlu ada kepedulian pemerintah setidaknya menyiapkan lokasi  tempat pembuangan sampah agar masyarakat tidak seenak dengkul membuang sampah rumahannya di pinggir jalan.

Salah seorang Warga Desa Tinggimae kepada awak media, Sabtu 11/1/2018 mengeluhkan  bahwa pemandangan sampah yang menumpuk seperti itu sudah berlangsung lama dan tak pernah diangkut atau dibersihkan warga, pemerintah desa, kecamatan maupun pemerintah kabupaten Gowa.

“Sampah itu tidak pernah diangkut dek, sudah lama kondisi sampah seperti itu, padahal jalanan ini adalah poros kabupaten gowa takalar, yang lewat di sini juga kebanyakan pejabat pemerintah, tapi tidak ada yang peduli,”Keluh warga.

Menurut informasi yang dihimpun oleh Wartawan media ini bahwa sampah tersebut hampir tiap malam dibawah dengan menggunakan karung gabah, yang diduga dari  warga kota makassar yang sengaja dibuang.

Warga berharap kepada pemerintah kabupaten gowa khususnya dinas lingkungan hidup agar segera mengangkut sampah sampah ini ke tempat pembuangan akhir (TPA) serta memberikan sanksi kepada  masyarakat yang kedapatan membuang sampah bukan pada tempatnya.

Laporan :Hendra

Leave a Reply