Berita Terbaru jurnal8.com | Dunia Politik Hingga Hiburan‎

Gubernur Sulsel dan Kakan Kesyahbadaran Makassar Resmikan KM Kendhaga Nusantara II

Jurnal8.com| Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar, Victor Vikki Subroto, MM, M.Mar.E, bersama Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Dr. Nurdin Abdullah, menghadiri Pelepasan Kapal Tol Laut KM. Kendhaga Nusantara II di Dermaga Galangan Kapal PT Industri Kapal Indonesia (Persero) Makassar, menuju Pelabuhan Tenau-Kupang.

KM. Kendhaga Nusantara II, yang memiliki type kapal petikemas, dengan panjang LOA 74,05 m, LBP69,20 m, MLD 17,20 m, Depth 4,90 m dengan GT 1785 dan kecepatan berlayar 12 knot tersebut, dibangun atau dibuat di PT IKI Makassar.

Menurut Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah mengatakan, “Saya bangga hadir disini menyaksikan sebuah karya anak bangsa yang tidak kalah dengan kapal buatan luar negeri. Semoga kedepan PT IKI Makassar, bisa merancang kapal yang lebih bagus, lebih nyaman dan lebih cepat, khususnya untuk angkutan penumpang,” ujarnya.

Kasubdit Angkutan Laut Dalam Negeri Kementerian Perhubungan, Budimantoro, yang mewakili Dirjen Lalu Lintas Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut mengatakan, “Saat ini sudah ada 2 kapal yang dibangun di PT IKI Makassar, diantaranya Kendhaga Nusantara 2, yang telah beroperasi di Teluk Bayur,” ujarnya.

Sementara Direktur Operasional PT IKI Makassar, Ahril Abdullah mengatakan, kapal ini kami bangun dengan biaya sekitar 113 Milyar selama kurang lebih 24 bulan dengan menggunakan unsur material lokal lebih dari 70%, diatas standar Kementerian Perindustrian, jelasnya.

Lanjut Ahril mengatakan,”hari ini adalah hari yang kami nantikan untuk melepas Kendhaga Nusantara berlayar dan tiba dengan selamat di Kupang, yang sebelumnya telah dilepas ke Padang dan telah beroperasi dengan baik”.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Bidang Status Hukum dan Sertifikasi Kapal Kesyahbandaran Makassar, Syaiful Horry, Kepala Seksi Status Hukum Kapal Amran Maro, Marine inspector dan Tim Humas Syahbandar Makassar.

guntur