Jelang Perayaan Hari Bumi, Komunitas Hijau Jao Bima Tanam 500 Mangrove.

Jurnal8.com,- Bima| Dalam rangka peringatan Hari Bumi (Earth Day), Komunitas Hijau Jao Bima (KHJB), lakukan penanaman 500 pohon mangrove disepanjang pesisir pantai Panda, Minggu (21/04/19)

Kegiatan yang berlangsung ramai itu melibatkan para relawan Jao Bima sendiri, Komunitas Pecinta Lingkungan, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Bima Raya, Lembaga Sampela Mbojo, Pencak Silat Bintang Timur, dan juga dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas kelautan dan perikanan yang turut menyiapkan 500 bibit pohon mangrove untuk ditanam.

Ketua umum Komunitas Hijau Jao Bima, Anwar Sarijo, yang akrab disapa Aby menuturkan bahwa, kegiatan penanaman mangrove tersebut sudah direncanakan jauh-jauh hari oleh teman-teman relawan Jao Bima dengan mengajak seluruh organisasi maupun komunitas yang peduli lingkungan untuk turut serta dalam aksi itu.

“Alhamdulillah, antusias teman-teman dari beberapa organisasi dan komunitas lain untuk bergabung sangat tinggi, meskipun informasi yang disampai ke mereka sangatlah dadakan dan mepet dengan hari H kegiatan,” Tuturnya.

Kegiatan yang direncanakan berlangsung dari pukul 06.00-09.00 pagi tersebut berjalan lancar tanpa ada hambatan. Semua bergerak membantu satu sama lain. Mengangkut bibit, membuat lubang, menanam mangrove maupun mengikat penyangga agar mangrove bisa menahan arus  gelombang sebelum akarnya benar-benar kuat.

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator aksi, Brian, mengucapkan rasa terima kasih serta apresiasi yang mendalam kepada seluruh pihak maupun relawan yang telah turut hadir meramaikan serta mensukseskan aksi penanaman mangrove tersebut.

Ia berharap, semoga semangat teman-teman generasi muda (milenial) sekarang, dalam melakukan aksi-aksi penanaman maupun penghijauan bisa tetap terus ditumbuhkan, agar kedepannya, Indonesia masih bisa berbangga memiliki generasi-generasi muda yang begitu cinta dan peduli terhadap Bumi Pertiwi ini.

“Mari sama-sama kita rawat dan jaga bumi kita tercinta ini, untuk masa kini, masa depan dan juga untuk generasi-generasi berikutnya. Kami Segenap pengurus dan relawan yang tergabung dalam Komunitas Hijau Jao Bima mengucapkan, Selamat Hari Bumi,22 April 2019.” Tutupnya. (irna)

Leave a Reply