Dalam Rangka Harhubnas 2019, OP Utama Makassar Gelar Gerakan Bersih Laut dan Pantai

Jurnal8.com| Makassar, – Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar turut berpartisipasi dalam Gerakan bersih laut dan pantai di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dalam rangka perayaan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2019.

Kegiatan ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia , di Wilayah Makassar, kegiatan ini dipusatkan di Pelabuhan Poetere dan akan didaftarkan dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) dan Kegiatan ini diawali dengan Apel kesiapan Gerakan Bersih Laut dan Pantai yang dihadiri instansi dari Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar, Kesyahbandaran Utama Makassar, Distrik Navigasi Kelas I Makassar, Danlantamal IV Makassar, Polres Pelabuhan Makassar, Dinas Perhubungan serta instansi pemerintah dan stakeholder terkait.

Dalam kesempatannya Pembina Apel menyampaikan sambutan Menteri Perhubungan yang menyampaikan bahwa Gerakan Bersih Laut dan Pantai ini, dilatarbelakangi oleh adanya fakta, bahwa Indonesia merupakan negara penyumbang sampah plastik ke lautan terbesar kedua di dunia.

Melalui gerakan ini, kami mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama, membersihkan laut dan pantai di sekitar kita dari sampah, agar mengurangi dampak pencemaran dan kerusakan lingkungan. Kita perlu melakukan pengendalian pencemaran, terutama sampah plastik yang mengotori laut dan pantai. Semakin banyak sampah plastik di lautan, maka semakin besar ancaman bagi kelestarian ekosistem laut.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan alat kerja secara simbolis Oleh Kepala Kesyahbandaran Utama Makassar kepada Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar dan Kepala Distrik Navigasi Kelas I Makassar. Apel diakhiri dengan senam bersama.

Video kegiatan Bersih laut dan Pantai di Pelabuhan Paotere:

 

 

Leave a Reply