Inspirasi- Indonesia Young Leaders Programme dari Selandia Baru Ciptakan Calon Pemimpin di Masa Mendatang

Jurnal8.com| Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru, Samoa, dan Tonga, Tantowi Yahya, menerima 10 orang peserta program INSPIRASI – Indonesia Young Leaders Programme (INSPIRASI – IYLP) di KBRI Wellington. (14 /10)

Pada pertemuan tersebut, Dubes RI didampingi Koordinator Fungsi Pensosbud, Adek Triana Yudhaswari dan Pelaksana Fungsi Pensosbud/Protkons Ni Nengah Yuni Ariastiti. Dubes Tantowi sampaikan rasa bangga dan senangnya kepada mereka yang datang didampingi oleh Executive Director dan Programme Manager UnionAid serta 2 (dua) orang wakil dari Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan (Kemludag), Selandia Baru.
Peserta INSPIRASI-IYLP mendapatkan pelatihan selama 6 (enam) bulan di Auckland University of Technology (AUT) dan berkesempatan untuk melakukan kunjungan ke berbagai organisasi. Peserta adalah para pemuda dari berbagai organisasi kemasyarakatan (Civil Society Organizations – CSOs) di wilayah Indonesia Timur (Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, NTT, Maluku dan Papua) yang belajar mengenai community organizing, good governance, Maori development, Treaty of Waitangi, environmental management, gender justice, skills for NGOs serta sustainable development.

Para peserta terpilih berusia 25-31 tahun dengan kemampuan bahasa Inggeris yang mumpuni, penuh percaya diri sampaikan pengalaman dan manfaat mengikuti pelatihan dan harapan untuk membangun daerahnya setelah kembali ke Indonesia pada akhir bulan Desember 2019 mendatang. Setelah menyelesaikan program, peserta akan melanjutkan fieldwork project di komunitas masing-masing di Indonesia.

Sambil menikmati bubur kacang hijau ketan hitam, para peserta menampilkan lagu Indonesia Pusaka dan lagu dari Selandia Baru.
Melalui program INSPIRASI-IYLP diharapkan dapat menciptakan kader-kader pemimpin yang memiliki mindset dan kompetensi berwawasan internasional yang mampu membawa perubahan dan mencapai tujuan dengan penuh inisiatif.

Kedutaan Besar Republik Indonesia di Wellington sebagai Perwakilan RI di Selandia Baru senantiasa mengupayakan, mendorong dan memfasilitasi program bantuan peningkatan kapasitas SDM khususnya dari wilayah Indonesia bagian Timur. (KBRI Wellington)

(#IR)

Leave a Reply