Pj Wali Kota Makassar Lakukan Penyemprotan Desinfektan di Tempat Ibadah

Jurnal8.com|Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb terus bekerja memimpin gerakan solidaritas sterilisasi kota melawan penyebaran Virus Covid-19 dengan melakukan penyemprotan di area-area publik. Setelah menyisir sejumlah jalan-jalan utama, giliran kali ini rumah-rumah ibadah yang menjadi target “pencucian”.

“Hari ini kita fokus ke rumah-rumah ibadah. Kita keliling lakukan penyemprotan desinfektan, mulai dari masjid, gereja, klenteng, vihara, pura dan fasilitas publik lainnya.

Target kita, seluruh Public space yang ada di kota Makassar kita lakukan pembersihan. Sambil kita terus meminta kepada masyarakat untuk menghentikan aktifitas diluar dan tingga dirumah saja” ujar Iqbal Suhaeb saat di mintai keterangan oleh sejumlah wartawan di halaman Masjid Raya Makassar, Senin (23/3/2020).

Dalam aksi “cuci” kota ini, tim reaksi cepat Pemadam Kebakaran Kota Makassar melakukan penyemprotan dan berkolaborasi dengan tim Relawan dan Bantuan Kemanusiaan FTI UMI.

“Kami berterima kasih kepada pihak-pihak yang selama ini ikut memberikan kepedulian dalam melawan penyebaran Virus Covid-19 di Kota Makassar, termasuk teman-teman dari relawan dan bantuan kemanusiaan FTI UMI. Semoga kepedulian dan aksi nyata yang diberikan untuk kota kita ini bernilai ibadah di sisiNya” lanjut Iqbal.

Sementara itu ditempat yang sama Dekan FTI UMI, Dr Zakir Sabara H. Wata menyampai bahwa aksi “cuci kota” yang dilakukan merupakan bentuk solidaritas UMI Makassar untuk bersama seluruh elemen masyarakat menghentikan penyebaran virus berbahaya ini.

“Sesuai arahan Pak Rekor dan juga hasil kordinasi dengan Pak Wali (Iqbal) hari ini kami turun bersama-sama berkeliling ke rumah-rumah ibadah. Hanya satu cara untuk melawan virus ini yakni bersatu dan kompak dengan seluruh masyarakat.

Hanya saja, percuma kita lakukan semua ini jika instruksi dari pemerintah untuk tinggal dirumah tidak dipatuhi. Makanya sekali lagi kita harus kompak, kita bisa menghentikan penyebaran Virus ini dengan semangat Makassar yang kita miliki” ujar Zakir.

Sementara itu, pengurus yang juga juru bicara Klenteng Xian Ma, Peter Gozal mendonasikan tiga kardus masker kepada Pemkot Makassar untuk dibagikan kepada petugas lapangan yang lebih membutuhkan.

“Kami menjadi bagian dari gerakan solidaritas bersama yang di bangun oleh Pemkot Makassar untuk melawan penyebaran Virus Covid-19. Meski kita tahu sangat sulit untuk melarang orang datang berkumpul di rumah ibadah. Namun usaha itu terus kita lakukan, termasuk meminta untuk menjaga jarak, tetap tinggal di rumah dan menyiapkan fasilitas cuci tangan di kelenteng” ujar Peter Fozal.

Sejumlah rumah ibadah yang di datangi diantaranya, Gereja Katedral, Klenteng Xian Ma, Masjid Raya, serta beberapa rumah ibadah lainnya.

Leave a Reply