” Taman MOI Terkesan Dijadikan Kawasan Ternak”

Jurnal8.com| Makassar,- Taman Maccini Sombala of Indonesia (MOI) berlokasi di Jalan Manunggal 22, kelurahan Maccini Sombala kecamatan Tamalate kota Makassar menuai sorotan publik, Pasalnya Kawasan seluas 24 hektar nampak kurang terurus terdapat beberapa fasilitas umum rusak bahkan terkesan pengelola lakukan pembiaran hewan ternak untuk bebas berkeliaran didalam area Moi.

Padahal Taman Maccini Sombala of Indonesia yang dibangun tahun 2011. Diperuntuhkan sebagai bagian dari upaya untuk memperbanyak Ruang Terbuka Hijau (RTH) di kota Makassar sekaligus sebagai sarana olah raga, rekreasi dan wisata.

Awalnya kawasan ini dibuka dengan menjalin kerjasama Kementerian PU Ditjen Cipta Karya. Digelontorkan dana dari APBN sebanyak Rp11,8 miliar sejak tahun 2011 hingga 2013 membangun kawasan MOI.

Dari APBD Sulsel dikucurkan dana berbilang miliaran rupiah guna menghadirkan taman yang dikelilingi kolam pancing seluas sekitar 4 hektar.

Kawasan MOI awal-awal sejak diresmikannya secara simbolik oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudoyono (SBY), Pebruari 2014 terlihat terpelihara dengan dilakukannya penanaman pohon-pohon penghijauan.

foto: Sapi milik warga dibiarkan berkeliaran di dalam area Taman Moi. (Dok.icky)

Namun kini kondisinya terkesan tak terurus. Hampir semua fasilitas terbangun di kawasan MOI telah rusak, seperti gazebo, jogging track, jalur sepeda, dan bahkan penataan kolam pancing belum seutuhnya rampung. Bangku-bangku serta lampu-lampu taman, kendaraan milik dinas sudah rusak berantakan dan ditumbuhi tanaman liar.

Areal tersedia untuk Taman Hutan Kota di utara taman MOI hingga kini terlihat hanya dipenuhi tumbuhan belukar tidak pernah ditata bakan kolam dipenuhi sampah plastik

Banyak masyarakat menyayangkan kawasan MOI yang tidak terurus. Jika dikelola dengan baik sebagai obyek rekreasi dan wisata kawasan MOI bukan tidak mungkin berpotensi untuk menambah besarnya angka-angka PAD Sulsel, selain tetap terjaga fungsinya sebagai ruang publik RTH.

Foto: Bangunan didalam area Taman MOI terilhat kumuh. ( dok.icky)

Salah satu warga sekitar Moi berinisial AB mengatakan bahwa , ” Rusak fasilitas di Area MOI karena kurangnya perhatian pengelola, lihat maki disana sapi dan kambing dibiarkan berkeliaran sehingga memakan tanaman yang ada di area MOI, Setahu saya Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Provinsi Sulawesi Selatan yang punya kewenangan untuk mengurus taman Maccini Sombala of Indonesia.” Jelasnya.

Foto; Kendaraan milik dinas rusak (dok.icky)

Saat ingin dikonfirmasi Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Provinsi Sulawesi Selatan lagi tidak berada di Kantornya bahkan Petugas Satpol PP Sulsel yang sedang jaga di depan pintu masuk ruangan kadis mengatakan kalau pak Kadis lagi tidak berada di ruangannya.

Semantara Kapala Bidang Holtikultura Provinsi Sulawesi Selatan berinisial NS ketika ingin dikonfirmasi  lagi sibuk . ( Tim)

Foto: Taman MOI terlihat hanya dipenuhi tumbuhan belukar tidak pernah ditata. (dok.icky)

Leave a Reply