“Pro Desaku”, Tim Disdukcapil Pinrang Sasar Desa Binaga Karaeng

Jurnal8.com |Pinrang,- Demi mensukseskan program Pro Desaku yang diprakarsai oleh Disdukcapil Pinrang untuk melaksanakan pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-e),KK,AKTE serta Kartu Indentitas Anak (KIA) di Desa- Desa yang berada di Kabupaten Pinrang.

Tim Disdukcapil Pinrang mendatangi Desa Binanga Karaeng, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang untuk melayani masyarakat yang belum memiliki identitas Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) Kartu Keluarga (KK), Akte Kelahiran serta Kartu Indentitas Anak (KIA). Senin (6/9/2021)

Mathius Kabid Dukcapil Pinrang, Mathius menuturkan, Kegiatan ini adalah bagian dari program pemerintah pusat dan daerah untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan pengurusan pembuatan e-KTP dan Akte Kelahiran

“Untuk saat ini, jumlah masyarakat yang melakukan perekaman KTP Elektronik sebanyak 80 Orang semetara untuk pembuatan KK sebanyak 120 orang sedangkan akte kelahiran sebanyak 113 Orang, khusus untuk Pembuatan Dokumen Kartu Identitas Anak (KIA) sebanyak 45 Orang, Prosesnya cepat dan masyarakat hanya tunggu beberapa menit saja, dokumen yang dibutuhkan langsung dicetak ditempat.” Kata Mathius saat ditemui disela-sela kesibukannya

Sambung Kabid Disdukcapil, Demi memastikan masyarakat sudah memiliki identitas kependudukan, Tim langsung turun ke Desa Binanga Karaeng sekaligus melakukan uji coba Program ” Pro Desaku” , kebetulan baru pertama kami melakukan pembuatan di Desa Binanga Karaeng, Kecamatan Lembang.

“Kami hadir disini untuk melayani rakyat, dan kami siap mendatangi desa – desa yang membutuhkan identitas kependudukan, syarat mudah tinggal ajukan surat permohonan kami siap eksekusi.

Selain itu, kegiatan ini sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan dalam hal administrasi kependudukan, serta uji coba Program “PRO DESAKU” Pemerintah Daerah dalam hal reformasi peningkatan pelayanan publik khususnya administrasi kependudukan dan catatan sipil kabupaten Pinrang.” Terangnya

Masih ditempat yang sama, kepala desa Binanga Karaeng, Ahmad menambahkan bahwa adanya tim Disdukcapil melakukan perekaman kependudukan, hal tersebut membuat masyarakat Binanga Karaeng merasa senang dan berterima kasih atas pelayanan yang cepat yang diberikan oleh Disdukcapil Pinrang,

“Selama ini masyarakat Binanga Karaeng yang belum memiliki KTP Elektronik,KK ,AKTE dan KIA cukup terbantu dengan hadirnya tim Disdukcapil Pinrang yang langsung turun ke Desa – Desa untuk melakukan pembuatan identitas kependudukan”. Kata Ahmad kepada awak media ini.

Dikonfirmasi secara terpisah, Andi Askari menjelaskan bahwa Kegiatan Tim Disdukcapil tidak hanya di satu desa saja, setiap hari berpindah ke desa-desa yang ada di Kecamatan Lembang dan ini merupakan Uji coba dari program ‘PRO DESAKU’.

“Alhamdulillah…ternyata masyarakat desa sangat antusias sekali dengan adanya program ini, dan Insha Allah Program ‘Pro Desaku’ ini akan secepatnya di launching, kata A. Askari melalui via telepon WhatsApp.

Tonton videonya :

Hadir dalam pelaksanaan kegiatan Disdukcapil di Wilayah Desa Binanga Karaeng, Kadis Dukcapil A.Askari, Kabid Dukcapil Mathius beserta Tim Disdukcapil,  Kapolsek Lembang Iptu Bakri, Kepala Desa Binanga Karaeng Ahmad bersama perangkat desa serta masyarakat Binanga Karaeng. (Ardy)

Leave a Reply