Gempa 7,5 Magnitudo Landa NTT, Dua Daerah di Sulsel Status Siaga

JURNAL8.COM – Gempa magnitudo 7,5 mengguncang Larantuka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (14/12/2021) pada pukul pukul 11.20 WIB.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kupang Margiono menginformasikan gempa bumi terletak pada 7.59 derajat lintang selatan dan 122,26 derajat bujur timur.

Pusat gempa bumi berada pada 112 kilometer arah barat laut Larantuka, Kabupaten Flores Timur, dengan kedalaman 12 kilometer.

“Gempa ini berpotensi tsunami,” ujar Margiono, Selasa (14/12/2021).

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini potensi tsunami untuk daerah pesisir di NTT seperti di Ende, Flores Timur bagian utara dan Pulau Sikka.

Gempa magnitudo 7,5 mengguncang Larantuka, Nusa Tenggara Timur (NTT) terasa getaran nya hingga di Makassar bahkan BMKG Wilayah VI Makassar meminta masyakarat meningkatkan kewaspadaannya. Di Sulsel, ada dua daerah yang berpotensi terdampak, yakni Bulukumba dan Selayar. Masing-masing berstatus waspada dan siaga.

Tonton videonya 👇

Berikut adalah prosedur penyelamatan dari gempa bumi saat berada di dalam rumah:

1. Saat guncangan pertama terjadi, langsung upayakan keselamatan diri dengan berlindung di bawah meja untuk menghindari benda-benda yang berisiko jatuh. Jauhkan diri dari jedela atau kaca.

2. Jika saat gempa terjadi Anda sedang memasak, langsung matikan api dan cabut semua peralatan yang menggunakan listrik untuk mencegah kebakaran.

3. Lindungi kepala dengan helm atau bantal.

Anda juga bisa berdiri di belakang pintu.

4. Jika sudah terasa aman, keluarlah dari rumah secara perlahan-lahan.

5. Saat berjalan ke luar rumah, jangan lepas pelindung kepala.

6. Berjalanlah pelan-pelan sambil memperhatikan pijakan untuk menghindari luka karena pecahan material.

7. Setelah berhasil ke luar rumah, berjalan lah menuju lapangan terbuka.

8. Jangan berdiri di dekat tiang, pohon, atau sumber listrik lain yang berisiko tumbang

 

Leave a Reply