Ambo Tahang Lihat Pembangunan di Desa Lampulung Sangat Minim, Ini Harapannya

JURNAL8.COM | WAJO – Ditemui di Kediaman nya Kepala Desa Lampulung, Ambo Tahang, S.I.Pust. di Dusun Padaelo Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo, Jumat 7 April 2023.

Melihat pembangunan di Kabupaten Wajo khususnya Desa Lampulung, dari tahun 2019 sudah sangat baik, saat memasuki tahun berikutnya hingga tahun 2022 pembangunan di desa tersebut sudah sangat minim.

“Alhamdulillah untuk pembangunan desa pada awal tahun 2019 sangat baik, tetapi mamasuki tahun berikutnya hingga 2022 pembangunan di desa sangat minim sebab annggaran desa pada saat itu di proritaskan bukan untuk pembangunan melainkan, pemberian bantuan langsung tunai (BLT) terhadap seluruh masyarakat desa yang terdampak covid 19,”ujar Ambo Tahang

Sementara itu dalam hal pelayanan terhadap warga desa hampir tidak memiliki kendala, sebab pihak desa sendiri memberikan kemudahan dalam melakukan setiap urusan apapun yang berkaitan dengan desa.

Baca Juga : Silaturahmi Bersama Keluarga Besar Arung Matoa Wajo, Ini Pesan Penting Panglimata

Saat ini belum ada yang bisa di jadikan program unggulan desa karena seringnya terjadi banjir dan berdampak terhadap warga desa yang mayoritas warga adalah petani.

“Ironisnya berdasarkan keterangan yang di himpun awak media, menurut toko masyarakat beserta warga desa, desa lampulung sudah mengalami kegagalan panen dalam 2 tahun terakhir.”

“Yang menjadi kendala saat ini adalah Danau Lampulung, airnya tidak seperti di tahun sebelum nya yang mudah surut, sehingga mengakibatkan banjir serta terjadi nya gagal panen. Masyarakat menilai sulitnya air surut, dikarenakan adanya penghalang air, semacam pematang yang di bangun, di Desa Tua Dusun Faung Kecamatan Majauleng sehingga dapat menghabat aliran danau lampulung,” Sambungnya.

Namun begitu ambo tahang berharap desa di perhatikan terutama dalam hal penaganan masalah sosial, termasuk perbatasan antara Desa Lampulung dan Desa Tua. Agar sekiranya Bapak Bupati Wajo dapat memberi jalan keluar untuk seluruh warga desa, atau solusi terhadap penghalang air tersebut. Sehingga warga desa bisa kembali melakukan pertanian dengan baik sehingga dapat meminimalisir nya kegagalan panen di Desa Lampulung. ” tutup Ambo Tahang. (Laporan Andi Sheva)

Leave a Reply