Polda Sulsel Rilis Hasil Operasi Patuh Pallawa 2023, Ada Ratusan Pengendara Ditilang Secara Elektronik

Jurnal8.com|Kapolda Sulsel Irjen Pol Drs. Setyo Boedi Moempoeni Harso, S.H., M.Hum didampingi Pejabat Utama, Dirlantas Kombes Pol I Made Agus Prasatya, Kabid Humas, Kombes Pol Komang Suartana, Kabid Propam Kombes Pol Zulham Effendy, merilis hasil Operasi Patuh Pallawa 2023 pada saat  jumpa Pers di Aula Biru Mako Ditlantas Polda Sulsel, Jalan Pettarani Raya, Kota Makassar. Senin, 24 Juli 2023.

Setyo, lulusan Akpol 1988 ini menyebutkan, terdapat puluhan ribu kendaraan melanggar aturan lalulintas dengan jumlah 9.910, dengan rincian yakni roda dua (motor ), kemudian roda empat (Mobil), jumlah penumpang terdapat 1.782, kemudian mobil barang 950 serta bus157 bus.

Mereka yang melanggar di Sulsel ini didominasi kendaraan roda dua (motor), dan pelanggarannya karena mereka tidak mengenakan helm, kemudian melawan arus dan si pelanggar masih dibawah umur serta berboncengan lebih dari 2 orang.

”  Pelanggaran mobil yang mendominasi itu kebanyakan pelanggar tidak mengenakan Safety Belt, menggunakan ponsel saat mengendarai kelebihan muatan serta melawan arus,” beber mantan Wadankorbrimob Polri (2020) ini

Peraih tanda Satyalanacana Ksatria Bhayangkara ini menambahkan, mereka pelanggar mendapat tindakan tegas selama operasi Patuh berlangsung dengan sanksi sejak 2022 hingga 2023 sebanyak 10.909 pengendara.

“Mereka pelanggar ditindak dengan sanksi teguran oleh petugas di lapangan dan untuk tilang manual 1.448 pengendara. Sementara 408 pengendara lain yang melanggar ditilang secara elektronik menggunakan teknologi Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) baik Statis maupun Mobile,” terangnya.

Selain itu, Setyo Boedi asal
Ponorogo ini menyebutkan data Laka lantas selama Operasi Patuh Pallawa 2023 terdapat 213 kejadian dengan korban meninggal dunia 22 orang, luka berat 23 dan luka ringan 264.

“Dengan kejadian tersebut. Olehnya itu kami mengimbau kepada masyarakat agar saat mengendarai harus tertib, taat aturan berlalu lintas, jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas dan jadilah polisi diri sendiri untuk keselamatan diri sendiri,” Tandasnya. (Riank/Bams)

Leave a Reply