Prestasi Japanese Club SMA Frater Makassar di Pentas Budaya Jepang

JURNAL8.COM|MAKASSAR – SMA Frater Makassar telah menorehkan prestasi gemilang melalui ekstrakurikuler Japanese Club. Club ini menjadi wadah bagi para siswa yang memiliki minat tinggi dalam mempelajari bahasa dan budaya Jepang. Berbagai kegiatan dan kompetisi budaya Jepang telah diikuti oleh anggota club ini sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan berbahasa dan pengenalan budaya Jepang yang lebih luas.

Salah satu prestsi yang patut dibanggakan adalah keberhasilan Claudia Aprilia Nuriman, siswi kelas XII IPS, yang berhasil meraih Juara 3 dalam lomba pidato Bahasa Jepang. Lomba ini diselenggarakan oleh HIASPA PASEPA UNHAS pada 10 juni 2023.  Claudia tidak hanya unggul dalam berpidato, tetapi juga menunjukkan kemampuan  musikalnya dengan meraih Juara 3 di kategori J – Song dalam J – fest SMA 21 Makassar, yang berlangsung pada tanggal 28 Oktober 2023.

Foto; Claudia Perform

Keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan guru pengampu Bahasa Jepang, Barbara Ripa Sarangnga, S.Hut, dan Nur Farida Lewang, S.S., yang juga bertindak sebagai mentor di Japanese Club. Kedua guru ini telah memberikan bimbingan dan motivasi yang luar biasa kepada para siswa, membantu mereka tidak hanya dalam aspek akademis tetapi juga dalam pengembangan minat dan bakat mereka.

Japanese Club SMA Frater Makassar terus berupaya memberikan yang terbaik dalam setiap partisipasi mereka di berbagai even budaya Jepang. Prestasi yang telah diraih oleh Claudia dan rekan-rekannya di club ini menjadi bukti nyata dari kegigihan dan keseriusan mereka dalam mempelajari budaya Jepang. Hal ini sejalan dengan komitmen sekolah dalam mendukung minat dan bakat mereka.

Foto; Claudia bersama Kawano Hazuki yang merupakan Japanase Native Teacher

Club ini menjadi contoh inspiratif bagi club ekstrakurikuler lain dalam mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler yang memperkaya pengetahuan dan keterampilan mereka. Semangat dan prestasi yang ditunjukkan oleh anggota Japanese Club SMA Frater Makassar, patut diapresiasi sebagai bagian dari proses pembelajaran yang holistik dan berorientasi global.

SB: SMA Frater Makassar

Leave a Reply