Jelang Pemilu 2024, KPU Wajo Lakukan Persiapan Di Beberapa Titik

Jurnal8.com|Wajo,- Memasuki masa tenang, dan jelang hari pencoblosan 14 Februari 2024 mendatang Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Wajo Sulawesi Selatan telah mempersiapkan berbagai langkah sesuai tahapan yang telah di tetapkan oleh KPU Pusat.

Masa tenang adalah bagian dari tahapan pemilu yang sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Dalam Pasal 1 angka 36 Undang-Undang tersebut berbunyi masa tenang adalah masa yang tidak dapat digunakan untuk melakukan aktivitas kampanye pemilu.

Hal ini disampaikan Ketua KPU Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Andi Rahmat Munawar saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa, 30/1/24, “Masa tenang pemilu tahun 2024 berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 11 hingga 13 Februari 2024 dan kami berharap para peserta pemilu untuk tidak melakukan kampanye dalam bentuk apapun” katanya.

 

Disisi lain, sambung Rahmat, pihaknya mengaku telah melakukan berbagai persiapan jelang hari pencoblosan mendatang. Diantaranya distribusi Logistik dan menyiapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan,

“Jadi fokusnya di saat masa tenang itu, kami di KPU tetap bekerja dengan mendistribusikan logistik dan kelengkapannya termasuk juga pengumuman pemilu.” Ujarnya

Selain Itu, pihak KPU kata Rahmat juga akan melakukan penguatan kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), serta pembentukan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang sudah di tentukan titik lokasinya. Biasanya di halaman rumah warga dan dianggap layak dijadikan TPS dan sudah sesuai aturan KPU.

Dia juga menambahkan ada beberapa titik lokasi yang memang rawan banjir dan menurutnya, ia sudah melakukan antisipasi bersama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) jika pada saat pemilu nanti, terjadi bencana banjir di lokasi tersebut.

“Di Wajo Ini ada beberapa TPS yang memang lokasinya rawan banjir, Dan sudah saya komunikasikan dengan teman – teman PPK dan Alhamdulillah mereka sudah siap mengantisipasinya jika terjadi bencana banjir tersebut “ jelasnya.

Persiapan lainnya yang dilakukan KPU adalah melakukan penguatan (KPPS). “Kami terus mengedukasi mereka terkait beberapa hal penting dalam memimanalisir potensi-potensi masalah yang biasa terjadi di TPS dan kami terus melakukan monitoring agar pemilu ini dapat dirasakan manfaatnya bagi semua warga , ” jelas Andi Rahmat

Diapun berharap agar pemilu mendatang dapat berjalan sesuai yang diharapkan bersama ” Ya tentu saja kami berharap agar pemilu tahun 2024 ini dapat berjalan dengan baik, kondusif, lancar dan aman, Insya Allah, mohon doanya ” kunci Andi Rahmat.

Lp. (Andi Syawal)

Leave a Reply