Kadis Peternakan dan Perikanan Soppeng Akan Beri Bantuan Ternak Ayam Untuk Warga RTM

Jurnal8.com| Soppeng, -Bantuan ternak ayam merupakan inisiatif yang penting dalam upaya pemerintah untuk membantu masyarakat yang menghadapi kesulitan ekonomi.

Program ini bertujuan untuk memberikan bantuan kepada keluarga yang membutuhkan, meningkatkan kecukupan gizi, dan memberikan dukungan kemanusiaan dalam situasi ekonomi yang sulit.

Hal ini diungkapkan Kadis Peternakan dan Kelautan Kabupaten Soppeng bahwa tahun ini pemerintah akan memberikan bantuan ternak ayam program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) yang merupakan program pengentasan kemiskinan berbasis pertanian.

Upaya tersebut diwujudkan dengan memberi bantuan ternak ayam untuk rumah tangga miskin (RTM) di Kabupaten Soppeng,

Kalau dulu ada program bantuan sapi dan tahun ini diganti dengan bantuan ternak ayam sebab kalau memerhatikan perkembangan bantuan sapi di lapangan, bantuan tersebut kurang efektif dalam rangka meningkatkan ekonomi
masyarakat sebab biaya pakan dan obat-obatan nya untuk sapi terbilang mahal dan untuk dan membutuhkan waktu lama dalam sisi nilai ekonominya .

Untuk itulah bantuan sapi yang diberikan tersebut, sebaiknya dialihkan ke bantuan ternak ayam saja. Hal ini disampaikan kepala dinas peternakan dan perikanan Soppeng Ir. Herman Asnawi M. Si kepada jurnal8 com, beberapa hari yang lalu.

Dijelaskan , jika dibandingkan dengan ayam, tentu lebih cepat menghasilkan
dibandingkan ternak sapi. Jika ternak sapi membutuhkan waktu yang sangat lama
baru menghasilkan secara ekonomi bagi masyarakat.Sedangkan jika ayam misalnya, paling hanya beberapa bulan sudah menghasilkan,ujarnya.

Tak hanya itu, jika ternak sapi ujarnya, juga hanya mampu mengakomodir sekelompok orang saja. sedangkan dari sisi hasilnya secara ekonomi, sifatnya hanya menabung. Tidak seperti sapi hasil yang lebih lama sampai bertahun-tahun dipelihara.” Imbuhnya

Dia juga mengkritisi, pemberian ternak sapi selama ini, tidak ada kontrak kerja yang jelas dengan penerima bantuan tersebut. Sehingga tak jarang ada oknum yang mengakali, misalnya ternak itu disebutkan sakit dan meninggal.Kita tidak tahu
apakah itu benar meninggal atau dijual. Makanya kita berkeinginan, lebih baik
ke ayam saja. cari masyarakat yang memang mau berusaha dan yang mendapatkan
bantuan ini harus memenuhi syarat.dan di prioritaskan bagi masyarakat yang kurang mampu dan penerima BLT dan sudah memiliki kandang Kemudian bantuannya jangan dikasih dalam bentuk uang, tetapi dalam bentuk bibit ternak dan pakan.

“Saya yakin ini akan berhasil meningkatkan ekonomi masyarakat kita dibandingkan bantuan ternak sapi”,tandasnya.

Leave a Reply