Camat Biringkanaya Hadiri Rakorsus 2024, Makassar Menuju Low Carbon City

JURNAL8.COM|MAKASSAR – Camat Biringkanaya Juliaman ,S,SOs, ikuti Rakorsus 2024 bersama jajarannya dan seluruh Lurah SeKecamatan Biringkanaya di Fourpoint by Sheraton Makassar, Senin, 26 Februari 2024.

Pemerintah Kota Makassar menggelar Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) 2024 dengan mengangkat tema ‘ Low Carbon City dengan Metaverse .

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto menyebut Pemerintah Kota Makassar memiliki visi menjadikan Kota Makassar sebagai kota dunia.

Dengan komitmen yang harus diterapkan juga merupakan komitmen-komitmen dunia. Salah satunya yakni, penerapan low carbon. Sebab, kata dia, emisi karbon saat ini semakin hari semakin tidak terkendali.

“Salah satu komitmen dunia sekarang musuh bersama itu adalah emisi karbon yang semakin hari semakin tidak bisa dikendalikan,” terang Danny Pomanto, pada konfrensi pers Rakorsus 2024,

Maka dari itu untuk mewujudkan zero carbon, Pemkot Makassar berkomitmen untuk merancang gerakan-gerakan yang nyata, terstruktur dan massif untuk pengurangan karbon.

“Terstruktur sistematis, caranya adalah bagaimana melibatkan masyarakat di Rakorsus ini. Itu tadi masyarakat 15 ribu yang menyaksikan, 1.200 dalam gedung dengan narasumber yang memadai, karena itu pembicara nasional semua,” jelas Danny Pomanto.

Danny melanjutkan penerapan low carbon di Kota Makassar sudah mulai dilakukan, seperti penggunaan kendaraan listrik dilingkup Pemerintah Kota Makassar.

Diketahui yang digunakan dengan kendaraan dinas, mobil pelayanan untuk kesehatan dari Dinas Kesehatan Makassar Dottoro’ta, dan bus listrik pariwisata atau Commuter Metromoda (Co’mo) yang akan mulai digunakan .

Tak hanya itu, kehadiran Gedung Makassar Goverment Center (MGC) yang berlokasi di Kawasan Taman Macan menjadi kantor pemerintahan pertama di Indonesia yang menerapkan konsep green building.

Dan pembangunannya sementara berjalan dan semoga dibulan Maret sudah bisa selesai .

Leave a Reply