Buntut Bencana Banjir Bandang di Sulsel “Lembaga BPKP, Soroti Tambang Liar, Minta Penegak Hukum Tegas”

Jurnal8|Wajo-Tambang ilegal di duga menjadi salah satu penyebab utama banjir bandang yang telah melanda beberapa kecamatan di kab wajo, hingga menimbulkan korban jiwa.

Dari hasl pantauan media di duga banjir bandang terjadi dari hasil penambang yang tidak mengantongi izin.

Buktinya air yang meluap disertai lumpur yang berwarna coklat.Pertambangan Tanpa Izin atau PETI terus menjadi sorotan dari berbagai kalangan, Untuk itu diperlukan upaya bersama dan dukungan seluruh pihak utamanya pihak polres Wajo untuk menindak tegas penambang liar sesuai UUD yang berlaku.

Ketua Lembaga Badan Pemantau Kebijakan Publik (L-BPKP) Andi Sumitro, S. Sos,mengatakan bahwa penertiban praktik pertambangan tanpa izin (peti) bisa di tuntas jika dilakukan penegakan hukum dengan tegas, Apalagi penambangan ilegal yang ada di wilayah Kabupaten Wajo ini dilakukan tanpa sembunyi-sembunyi.

“Jika penegakan hukum di tegaskan maka dengan mudah (peti) bisa diatasi, dan tak ada kesan Kongkalikong, “ujar Andi Sumitro Sabtu (04/05/2024).

“Kami hanya meminta agar pihak Polres Wajo harus tegas soal maraknya tambang ilegal yang di lakukan oleh oknum yang hanya mementingkan keuntungan pribadi tanpa memikirkan dampak kerusakan lingkungan yang berdampak ke masyarakat. Jangan ada kesan tutup mata ibarat ada permainan “Kongkalikong” dengan oknum penambang ilegal, “tegas Andi Sumitro.(*)

Leave a Reply