Berita Terbaru jurnal8.com | Dunia Politik Hingga Hiburan‎

Camat Monta Beri Apresiasi Kegiatan MTQ Ke-58 di Desa Baralau Berlangsung Meriah 

Jurnal8.com| Camat Monta, Imam Firdaus menghadiri dan membuka rangkaian kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 58 Tingkat Desa Baralau,Kecamatan Monta. Acara yang digelar dengan Megah ini mengusung tema “Mari kita tingkatkan kualitas SDM yang Unggul dan Qurani untuk mewujudkan masyarakat yang religius dan moderat”.

Kegiatan yang berlangsung di lapangan mutiara Desa Baralau tersebut turut dihadiri oleh Kepala Desa Baralau dan Perangkat Desa, Ketua MUI Kecamatan Monta, Ketua LTPQ Kec.amatan Monta, Ketua BPD, Tim Penggerak PKK Desa Baralau, Ketua Unit Pengumpul Zakat Kecamatan Monta, Dewan Juri, Dewan Hakim, Babinsa, Babinkantibmas, Tokoh agama, Tokoh masyarakat dan peserta Lomba STQ.

Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) merupakan salah satu ajang penting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan religius di kalangan masyarakat Muslim. STQ, yang sering kali diadakan di tingkat desa, kecamatan, kabupaten, hingga nasional, bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan terhadap Al-Qur’an dan memperkuat pemahaman serta pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari.

Ajang STQ desa Baralau tersebut dilaksanakan selama 7 hari dengan berbagai macam mata lomba dengan jumlah 110 peserta.

Dalam sambutannya, Camat Monta, Imam Firdaus ST, menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Desa Baralau atas penyelenggaraan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke-58 berlangsung meriah,

” Kami sangat bangga terhadap Desa Baralau yang menjadi desa kelima di Kecamatan Monta yang melaksanakan STQ serta memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh panitia, peserta, dan masyarakat Desa Baralau yang telah bekerja keras menyelenggarakan STQ ini. Ini adalah langkah nyata dalam upaya kita bersama meningkatkan kualitas SDM yang unggul dan Qurani,” ujarnya kepada awak media Minggu, 23 Juni 2024,

Tak hanya itu, Firdaus menambahkan bahwa dari lima desa yang telah melaksanakan STQ, Desa Baralau menunjukkan kinerja yang sangat luar biasa. Penyelenggaraan yang tertib, peserta yang antusias, serta dukungan penuh dari masyarakat membuat STQ di Desa Baralau menjadi yang terbaik. Ini akan menjadi contoh dan motivasi bagi desa-desa lain.

Secara terpisah, Kepala Desa Baralau Abdul Munir merasa bangga serta memberikan apresiasi kepada seluruh pihak terkait yang telah menyelenggarakan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke-58 dengan harapan mencetak qori dan qoriah yang mampu bersaing di tingkat yang lebih tinggi.

Dia menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai langkah awal menuju prestasi yang lebih besar dalam bidang keagamaan.

“Semoga STQ ini dapat menjadi batu loncatan bagi para qori dan qoriah kita untuk terus berprestasi hingga ke tingkat yang lebih tinggi, baik di tingkat kecamatan, kabupaten, maupun nasional,” Tutupnya