Berita Terbaru jurnal8.com | Dunia Politik Hingga Hiburan‎

Makassar Jadi Tuan Rumah Indonesia Youth Summit (IYS) 2024

PJ Sekda Buka Indonesia Youth Summit 2024: Kontribusi Pemuda untuk Indonesia Emas"

Jurnal8.com|Pada tanggal 23 Juli 2024, acara bergengsi Indonesia Youth Summit (IYS) 2024 resmi dibuka oleh Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra. Sebanyak 300 pemuda dari 98 kota di seluruh Indonesia berkumpul di Tokka Tena Rata, Kabupaten Maros, untuk berkolaborasi dalam menguatkan sinergi pemuda Indonesia.

IYS menjadi wadah bagi pemuda Indonesia untuk meningkatkan kepemimpinan mereka serta berkontribusi dalam penyusunan ‘Suara Pemuda Indonesia’, sebuah deklarasi kebijakan nasional yang diharapkan memberikan arah baru bagi pembangunan negara.

Firman Hamid Pagarra menyampaikan kebanggaannya terhadap acara IYS ini, yang mengusung empat tema utama: digitalisasi, kepemimpinan masa depan, transformasi ekonomi, dan keberlanjutan lingkungan.

“Dengan kegiatan IYS ini, kami berharap para pemuda dapat menyuarakan keresahan, memberikan inovasi, dan menciptakan solusi untuk masa depan Indonesia menuju Indonesia Emas 2045,” ujar Firman.

Acara IYS juga menjadi bagian dari rangkaian Makassar F8, yang merupakan salah satu acara terkemuka di Indonesia dalam kalender acara Karisma Event Nusantara (KEN). Firman mengajak para pemuda untuk turut serta dalam perayaan Makassar F8 dan mengenalkan branding baru Kota Makassar sebagai Makassar Kota Makan Enak.

Selain itu, kehadiran Direktur Eksekutif APEKSI, Alwis Rustam, menegaskan pentingnya peran Kota Makassar dalam mendukung agenda nasional, terutama dalam persiapan menghadapi bonus demografi pada tahun 2045.

“Kota Makassar menunjukkan komitmen yang serius dalam menyelenggarakan acara APEKSI dan memberikan platform bagi pemuda untuk berperan aktif dalam pembangunan negara,” kata Alwis Rustam.

Acara malam itu juga diisi dengan talkshow inspiratif yang melibatkan tokoh-tokoh pemuda, dimana diskusi tersebut diharapkan dapat menghasilkan solusi konkret atas tantangan yang dihadapi serta memberikan pandangan baru terhadap agenda pembangunan nasional Indonesia.

Pada tanggal 23 Juli 2024, acara bergengsi Indonesia Youth Summit (IYS) 2024 resmi dibuka oleh Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra. Sebanyak 300 pemuda dari 98 kota di seluruh Indonesia berkumpul di Tokka Tena Rata, Kabupaten Maros, untuk berkolaborasi dalam menguatkan sinergi pemuda Indonesia.

 

Melalui kolaborasi dan diskusi dalam forum IYS ini, diharapkan dapat lahir serangkaian solusi yang memberikan dampak positif bagi perkembangan Indonesia menuju masa depan yang gemilang. (RLZ)