Berita Terbaru jurnal8.com | Dunia Politik Hingga Hiburan‎

“Diskominfo SP Sulsel dan TAPD Bahas Refocusing Anggaran untuk Kebutuhan Mendesak”

Jurnal8.com| Makassar, 2 Agustus 2024 – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo SP) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) hadir dalam rapat bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemprov Sulsel yang berlangsung di Kantor Bappelitbangda Sulsel, Jumat (2/8/2024).

Rapat ini bertujuan untuk membahas rasionalisasi anggaran di Diskominfo SP seiring dengan perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sulsel Tahun Anggaran (TA) 2024.

Sekretaris Diskominfo SP Sulsel, Sultan Rakib, hadir dalam rapat tersebut didampingi oleh Kasubag Program Darmawansya dan Kasubah Keuangan Andi Firman. Agenda utama rapat adalah melakukan refocusing atau rasionalisasi anggaran yang dianggap lebih urgen untuk menghadapi perubahan yang akan datang dalam APBD.

Rasionalisasi Anggaran dalam Pemerintahan

Rasionalisasi atau refocusing anggaran adalah praktik umum dalam pemerintahan, terutama ketika menghadapi kebutuhan yang mendesak atau perubahan prioritas. Hal ini bertujuan untuk mengalokasikan anggaran secara lebih efektif sesuai dengan kebutuhan aktual dan prioritas yang lebih mendesak.

“Diskominfo SP mendukung penuh rasionalisasi anggaran ini. Semangat kami sejalan dengan arahan pimpinan, Pak Pj Gubernur, yang ingin memastikan bahwa APBD 2025 ke depan sudah dalam kondisi yang sehat,” ujar Sultan Rakib.

Sultan menambahkan bahwa kegiatan rasionalisasi anggaran ini tidak hanya melibatkan Diskominfo SP, tetapi juga seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Sulsel. Seluruh OPD diharapkan melakukan refocusing anggaran masing-masing untuk menyesuaikan dengan kebijakan dan kebutuhan yang lebih mendesak.

Proses rasionalisasi ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan anggaran, serta memastikan bahwa dana publik digunakan dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat. (red)