Berita Terbaru jurnal8.com | Dunia Politik Hingga Hiburan‎

“Kick Off Kompetisi JKM 2024 di UNS”

Jurnal8.com|Jakarta – Di tengah gelombang perubahan sosial era Society 5.0, masyarakat harus adaptif terhadap perkembangan zaman. Menjawab tantangan ini, Ir. Dedi Yudianto, MBA, Tenaga Ahli Bidang Teknologi Informasi dan Kewirausahaan BNPT, terus berinovasi dengan memperkuat sumber daya manusia dan ekonomi kebangsaan melalui berbagai program unggulan.

Salah satu inisiatif yang sedang digagas Dedi bersama Ir. Soegiharto Santoso, SH, didukung penuh oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), adalah Warung NKRI Digital BNPT. Program ini bertujuan untuk memperluas dampak positif di seluruh Nusantara. Sebelum peluncuran program tersebut, Dedi, selaku Ketua Pelaksana Kompetisi Jurnalis Kebangsaan Mahasiswa (JKM) 2024, mempersiapkan agenda nasional yang melibatkan 38 provinsi.

“Kick off Kompetisi JKM 2024 kami laksanakan di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta pada Selasa (20/08/2024),” ujar Dedi. Acara ini dihadiri ribuan mahasiswa baru UNS dan ditandai dengan penayangan video Profil Kompetisi JKM.

Pada kesempatan ini, Dedi mengajak mahasiswa untuk menjadi agen perubahan, memperjuangkan nilai-nilai kebangsaan, serta kritis terhadap isu intoleransi, radikalisme, dan terorisme melalui karya jurnalistik yang bermutu.

Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT RI, Mayor Jenderal TNI Roedy Widodo, dalam orasi kebangsaannya bertema “Bela Negara dalam Tindakan Pencegahan dan Penanggulangan Intoleransi, Radikalisme, dan Terorisme,” menekankan peran penting mahasiswa dalam menjaga stabilitas negara dari ideologi yang bertentangan dengan Pancasila.

Acara ini juga diwarnai dengan peluncuran Warung NKRI Digital di kantin UNS. Peresmian dilakukan dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Mayor Jenderal TNI Roedy Widodo dan Rektor UNS, Prof. Dr. Hartono, dr., M.Si.

Dalam sambutannya, Prof. Hartono mengucapkan selamat atas keberhasilan proyek Warung NKRI Digital dan menegaskan dukungannya terhadap kegiatan positif ini. “Kami mendukung penuh dan berharap program ini memberikan manfaat besar bagi mahasiswa dan masyarakat,” tambahnya.

Warung NKRI Digital diharapkan menjadi role model Nusantara, menyediakan ruang bagi mahasiswa untuk berdiskusi dan memperdalam pemahaman tentang nilai-nilai kebangsaan serta upaya bersama dalam mencegah intoleransi, radikalisme, dan terorisme.

Dengan dimulainya Kompetisi Jurnalis Kebangsaan Mahasiswa, diharapkan mahasiswa dapat berkontribusi secara nyata dalam menjaga keutuhan dan keamanan negara melalui karya jurnalistik yang inspiratif dan kritis. (red)