Bawaslu Bantaeng Gandeng Komunitas wartawan Pelatihan Strategi Pemberitaan Positif

Jurnal8.com| BANTAENG – Dalam rangka menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi Bawaslu dalam pelaksanaan pengawasan pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang akan diselenggarakan pada bulan Nopember tahun 2024 mendatang, maka pemanfaatan media sebagai sarana untuk memberikan informasi positif terkait pelaksanaan pengawasan tersebut kepada masyarakat perlu dilaksanakan.

Terkait hal tersebut Bawaslu Kabupaten Bantaeng, melaksanakan Pelatihan Strataegi Pemberitaan Positif di Media yang dilaksanakan di ruang rapat kantor Bawaslu Bantaeng, Senin 8 Juli 2024 siang. Kegiatan ini diikuti puluhan peserta dari Bawaslu Kecamatan beserta komunitas wartawan seperti JOIN (Jurnalis Online Bantaeng) dan HIJAB (Himpunan Jurnalistik Bantaeng).

Hal ini disampaikan ketua Bawaslu Bantaeng Ningsih Purwanti, SH kepada Jurnal 8.com. Menurutnya, semua petugas Bawaslu khususnya Humas, harus diberi pemahaman tentang media. Hal ini untuk meningkatkan kinerja mereka, utamanya dalam bidang kehumasan menjelang dan sesudah Pilkada di laksanakan.

“Ini (pelatihan-red) menjadi sangat penting, sebab sadar atau tidak, kita ini selalu berhadapan dan berdampingan dengan media sebagai partner kita dalam bekerja. Makanya pelatihan ini sangat penting agar teman teman di Bawaslu Kecamatan dan Humas bisa beradaptasi dengan media manapun,” terangnya.

Sementara itu pemimpin umum Radar Selatan, Sunarti Sain yang di daulat sebagai nara sumber berharap agar kegiatan ini dapat meningkatkan kapasitas kehumasan di Bawaslu Bantaeng.

“Seorang humas itu harus memiliki cara-cara bekerja yang baik, supel dan harus percaya diri. Sampaikan informasi ini dan itu ke publik. Bisa lewat siaran pers atau pers realese. Modalnya dengan mengontak nomor WA teman teman wartawan kalau perlu bikin grup tersendiri.” Ujar Sunarti.

Sunarti yang juga salah satu wartawan senior di Sulsel itu, bahkan meminta Bawaslu dalam membangun komunikasi aktif bersama media, harus bersifat terbuka dan fleksible.

“Jika ada acara non formal kita ajak teman teman wartawan kumpul kumpul. Sekali-kali ajak mereka ke kantor, biar hubungan komunikasi antar Bawaslu dan Wartawan itu bisa terjalin dengan baik. Bawaslu itu kan menjadi senternya di Pilkada, jadi kita berharap ada komunikasi yang baik antar keduanya,” tandas Sunarti.

Hal yang sama diungkapkan Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Bantaeng Nur Wahni, S.E.,menurutnya Bawaslu diharapkan dapat menunjang pelaksanaan tugas dalam pelaksanaan pengawasan Pilkada tahun 2024 mendatang dengan bermitra pada media.

“Kegiatan ini kami gelar untuk meningkatkan kapasitas kehumasan bagi Bawaslu kecamatan agar teman teman di Bawaslu kecamatan bisa faham bagaimana cara mengambil berita positif di Media,” paparnya.

Adapun kegiatan ini digelar sambung Nur Wahni, tak lain sebagai kegiatan lanjutan, dimana sebelumnya Bawaslu mengadakan kegiatan pelatihan fotografi dan videografi

“Hal ini untuk menekankan pentingnya keterampilan komunikasi visual dalam mengawal proses demokrasi di Pilkada mendatang. Jadi sebagai anggota Bawaslu kita jangan kaku tapi kita harus bermitra dengan media,” tandasnya. (Dahri).

Leave a Reply