Tingkatkan Pelayanan Publik, Kominfo Makassar Evaluasi Pengembangan SPBE

JURNAL8.COM|MAKASSAR – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Makassar menggelar monitoring, evaluasi, dan pelaporan mengenai pengembangan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) pada Selasa, 7 Mei 2024, di ruang Sippakatau Balaikota.

Acara bertema “Pemantauan dan Evaluasi Peningkatan Kualitas Pelaksanaan SPBE Kota Makassar” ini dibuka oleh Asisten I Pemerintah Kota Makassar, Muhammad Yasir, dan dihadiri oleh perwakilan dari SKPD Kota Makassar serta Rumah Sakit Umum Daya Makassar.

Dalam sambutannya, Yasir menekankan pentingnya kegiatan ini untuk meningkatkan fungsi SPBE, baik untuk efisiensi birokrasi internal maupun pelayanan kepada masyarakat. Ia memaparkan bahwa indeks evaluasi SPBE Pemkot Makassar tahun 2023 mencapai nilai 3,41 dengan predikat “Baik”, yang merupakan yang tertinggi di Sulsel. Ia berharap nilai ini dapat terus meningkat melalui kegiatan evaluasi yang dilaksanakan.

“Melalui evaluasi ini, kami berharap setiap instansi dapat meningkatkan implementasi SPBE, yang pada akhirnya akan berdampak positif pada penilaian di masa depan,” ujar Yasir.

Plt Kepala Dinas Kominfo, Ismawaty Nur, menambahkan bahwa SPBE merupakan indikator utama dalam meningkatkan pelayanan publik dan memperkuat posisi Makassar sebagai Smart City. “Transformasi ke SPBE mempermudah pelayanan publik, memungkinkan masyarakat mengurus administrasi secara online, menghemat waktu dan tenaga,” jelas Ismawaty.

Kegiatan ini juga diisi dengan sesi diskusi dan penjelasan dari berbagai narasumber, termasuk Sultan Rakib dari Sekretaris Diskominfo-SP, yang membahas peran Pemerintah Provinsi dalam pelaksanaan SPBE, serta Sudding dari Analis Persandian Dinas Kominfo Makassar, yang menjelaskan tentang arsitektur SPBE.

Moderator Suryadi Rahmat memandu diskusi, memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengungkapkan kendala yang mereka hadapi terkait SPBE. Solusi dan arahan diberikan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Melalui acara ini, diharapkan Pemkot Makassar dapat memperkuat sinergitas dan meningkatkan integrasi layanan SPBE, serta lebih memfokuskan upaya pada peningkatan kualitas pelayanan publik di Kota Makassar (rlz)

Leave a Reply