Pelaksana Proyek Pembangunan RKS SDN Komplek Maccini Abaikan Keselamatan Kerja

Jurnal8.com| Dinas Pendidikan Kota Makassar menganggarkan Pembangunan /rehabilitasi satuan pendidikan (DID) dengan pekerjaan pembangunan ruang kelas baru SD Kompleks Maccini (SMP 47 ) yang dilaksanakan oleh PT ILHO JAYA ALFATIH dengan nomor kontrak: 425/446.A/SP-RKB-SD/DID/DP/X/2020 Tanggal 7 Oktober 2020, nilai kontrak Rp 3.019.960.000,- waktu pelaksanaan 70 hari kerja.

Hasil pantauan awak media ini pada saat di lokasi pekerjaan nampak sudah dibuatkan lubang sumuran di beberapa sudut gedung sekolah untuk pondasi bangunan lantai 2 , tak hanya itu atap bangunan serta tembok dinding sebagian telah dibongkar.

Proses pekerjaan sudah berjalan dan tak terlihat pelaksana pekerjaan terkesan tidak menerapkan protokol kesehatan dan Keselamatan kerja terhadap para pekerja di lapangan.

Saat ditemui Kepala Sekolah SD Negeri Maccini II, Muhammad Tallasa menuturkan, ” Pembangunan Sekolah tersebut dikerjakan oleh rekanan, kami tidak tahu menahu tentang penerapan keselamatan kerja, pihak sekolah hanya sebagai penerima manfaat setelah gedung selesai dibangun,” ucap Tallasa

Mengenai proses pembangunan, menurut Tallasa semuanya tanggung jawab Dinas Pendidikan Kota Makassar, kami hanya membantu mengawasi jalannya pembangunan agar berjalan sesuai dengan target yang ada di papan proyeknya.

” Anggaran yang digelontorkan oleh Dinas Pendidikan untuk membangun 18 ruang kelas, masing-masing lantai 1 (satu) dibangun 9 (sembilan) ruang kelas dan untuk lantai 2 (dua) dibangun 9 (sembilan) ruang kelas, setahu saya awal pengusulan anggarannya Rp 4 Miliar tapi ada pengurangan anggaran mungkin akibat pandemik virus-19 sehingga sisa dananya Rp. 3 Miliar lebih sesuai yang tercantum dipapan proyek. ” Katanya. Rabu (15/10/20)

Saat ingin dikonfirmasi, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pendidikan Makassar, B. Linda Deryani ST, MT, tidak masuk kantor akibat kantor dinas Pendidikan Makassar lagi di lock down dan kegiatan kantor akan dibuka pada tanggal 16/10/2020

Laporan : R1

Leave a Reply