Satu Rumah di Desa Pa’bentengan Ludes Terbakar

Jurnal8.com, BANTAENG – Sebanyak 1 rumah rata dengan tanah usai dilahap si jago merah di Desa Pa’bentengan, Kecamatan Eremerasa, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan (Sulsel), pada (22/1/2024) menjelang malam.

Dari informasi BPBD Kabupaten Bantaeng kebakaran itu terjadi sekira pukul 18:11 Wita. Saat itu warga di daerah tersebut akan melakukan ibadah Shalat Magrib.

Sekretaris BPBD Bantaeng, IsmuL Alam Basir, S.STP., M.AP saat di hubungi jurnal8.com, melalui via telepon membenarkan hal tersebut, pada Senin malam, (22/1/2024).

“Ada 1 KK terdampak, 1 rumah rusak yang hangus terbakar rata dengan tanah. Dalam kejadian itu bernama Pak Tani mengalami luka bakar ringan,” kata IsmuL Alam Basir.

Kata dia, upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bantaeng, TRC BPBD, Damkar Satpol PP, TNI/Polri, Tagana Dinsos, dibantu oleh relawan dan masyarakat turun membantu melakukan pemadaman api,” ujar IsmuL Alam Basir.

Dia mengatakan bahwa rekan-rekan TRC BPBD Bantaeng yang berjumlah 25 orang, dibagi ke dalam 4 Regu akan standby bergiliran di Posko TRC per 24 jam untuk memonitoring kejadian bencana maupun musibah yang terjadi lingkup wilayah Kabupaten Bantaeng dan sekitarnya.

IsmuL Alam Basir menambahkan bahwa Tim kami selalu memberikan backup maksimal kepada rekan-rekan TNI/POLRI, Satpol PP & Damkar, Dinas Sosial, Perangkat terkait lainnya dan masyarakat dalam monitoring, assestmen hingga bantuan kemanusiaan, bukan hanya kejadian bencana alam, kami juga turun ke lapangan apabila ada musibah yang terjadi seperti kebakaran. Kami banyak berkoordinasi dan bekerjasama dengan rekan-rekan di Badan SAR Nasional (Basarnas) Pos Bantaeng yang kantornya tepat berada di belakang kantor kami.

Seperti yang terjadi hari ini yakni musibah kebakaran di Wilayah Perbatasan Desa Pa’bantengang dengan Desa Mappilawing, Kec. Eremerasa, TRC BPBD Bantaeng bergerak cepat melakukan upaya-upaya pelaporan, penanganan dan pengendalian mulai dari proses assestmen hingga penyaluran bantuan dibawah koordinasi Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalops) BPBD Kab. Bantaeng.

Hal ini sebagaimana instruksi Kepala Pelaksana (Kalaksa) selaku pucuk pimpinan di OPD kami dalam pelaksanaan misi-misi Kemanusiaan.
Hasil dari assestmen akan langsung diteruskan kepada pimpinan dan ditembuskan kepada Pusdalops BPBD Provinsi sebagai bahan pelaporan.

IsmuL Alam Basir berharap masyarakat tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana dan musibah. Bancana dan musibah dapat terjadi kapan saja di mana saja, kita wajib waspada dan mawas diri agar dapat terhindar dari padanya.

“Tetap tenang, tidak panik, senantiasa beribadah dan berdoa agar mendapat perlindungan dari Yang Maha Kuasa, tingkatkan kewaspadaan dan melaporkan segera jika ada hal yang terjadi terkait kebencanaan. Salam Tangguh, Salam Kemanusiaan,” Tutup IsmuL Alam Basir.

Leave a Reply