Antisipasi Aksi Kejahatan dan kenyamanan Penumpang PT Pelni Akan Pasang CCTV di Kapal

Jurnal8.com|Antisipasi Keamanan dan kenyamanan penumpang di atas Kapal, PT Pelni akan memasang kamera CCTV (Closed Circuit Television) di setiap kapal.

“Kamera CCTV tersebut dipasang untuk memonitor gerak- gerik orang yang diduga akan berbuat kejahatan diatas kapal, termasuk asongan”, ujar Kepala Cabang PT Pelni Makassar, Ridwan Mandaliko.

Lanjut Ridwan mengatakan “Seluruh aktivitas di atas kapal akan terpantau petugas selama 24 jam. Jika diketahui ada aktivitas yang mencurigakan melalui pantauan kamera cctv, petugas di atas kapal akan segera berkoordinasi dengan petugas kemanan lainnya, di Pelabuhan Tujuan”.

Menurut Ridwan, disamping memasang kamera CCTV, PT Pelni juga mewajibkan semua penumpang untuk menjaga barang bawaannya, baik saat berada di Terminal Penumpang maupun selama berada dalam perjalanan di kapal. Bila ditemukan barang yang tidak dijaga oleh pemiliknya akan langsung dibawa oleh petugas untuk diserahkan ke pihak aparat keamanan.

Nantinya, barang bawaan penumpang yang mencurigakan juga akan diperiksa oleh petugas dengan menggunakan metal detector saat memasuki pintu boarding di Terminal Penumpang. Sehingga semua barang bawaan yang dilarang dalam pengangkutan barang menurut undang- undang akan dapat terjaring sebelum memasuki kapal.

Dengan langkah- langkah antisipasi yang dilakukan oleh PT Pelni, diharapkan keamanan dan kenyamanan penumpang kapal milik PT Pelni dapat lebih terjamin.

guntur

Leave a Reply